Pagerank Terjun Bebas Gara2 Downtime

Salahsatu situs yg saya kelola mengalami pemangkasan pagerank gila2an. Bayangkan saja, dari sebelumnya tercatat memiliki PR 3, sekarang jadi PR 0! Wow, benar2 merupakan sebuah musibah, sodara.

Penyebabnya, apalagi kalau bukan downtime.
Downtime selama 2 hari adalah pemicu terjadinya hal itu. Downtime pertama karena switching NS-address, kedua karena setting database yg gak bener.

Situs itu, karena alasan speed, semula saya boyong dari server di datacenter webhosting USA ke datacenter IIX di Jakarta.
Ketika bertempat di datacenter IIX, speednya memang terasa sekali bedanya. Hop yg dilintasi dari jalur speedy di rumah saya tak sampai 15 titik.
Namun, ternyata ada konsekuensi buruk dari speed itu. Datacenter IIX memang sangat cepat jika diakses user di Indonesia, namun sebaliknya sangat lambat diakses dari USA atau Eropa. Kalau hanya soal memberatkan pemirsa pembaca biasa, mungkin agak bisa diabaikan. Toh pembaca dari luar negeri tak sampai 10 persen dari pembaca situs itu.

Hal ini jadi masalah karena terkait dengan pembacaan servis2 terkait situs saya. Katakan saja Feedburner atau RSS-aggregator yg mayoritas servernya berada di Eropa dan USA. Karena begitu lambatnya, seringkali situs saya dianggap down oleh mereka. Akibatnya, berita yg saya masukkan baru terindeks oleh Google pada 6-12 jam setelah posting. Padahal dulunya (waktu masih di US), tak sampai 3 jam sudah masuk Google.

So, karena pertimbangan itu, saya mulai melirik datacenter Singapore. Kalau ditrace memang selisihnya ndak sampai 5 hops dari server USA. Namun, karena dua ISP terbesar kita (Indosat dan Telkom) punya link yg bagus dengan Singapore, maka Singapore bisa jadi solusi moderat untuk situs saya. Tentu, sedikit mengabaikan fakta bahwa koneksi internet XL dan Smart koneksi ke Singapore tak sebagus Indosat dan Telkom bersaudara.

Setelah memilih server webhosting, tibalah saatnya mendefinisikan NS-address server baru.
Karena pengen sedikit bereksperimen, saya coba pakai domain *.web.id sebagai NS-address.
Ternyata domain *.id ditolak oleh sistem di registrar yg saya gunakan. Saya mulai panik.
Alternatifnya, akhirnya saya daftarkan NS saya ke EditDNS. Alhamdulillah, berhasil, dan bisa berjalan dg baik.

Mulailah tahap selanjutnya, membackup situs yg gdenya sudah ratusan MB.
Backup dan transfer file ndak ada masalah.
Begitu masuk ke backup database, mulailah masalah muncul.
Untuk database MySQL yg ukurannya sudah bengkak jadi puluhan mega, ternyata prosedur backup melalui cpanel bukanlah pilihan yg bagus. Diakibatkan oleh pembatasan resource, backup-an kita akan dipenggal di besaran tertentu agar resource server tak termakan oleh ativitas backup yg sedang kita lakukan.
OK.
Jalan yg bisa dipakai adalah backup sedikit demi sedikit, tabel demi tabel melalui PHPMyAdmin.
Alhamdulillah, prosedur backup pada akhirnya bisa berlangsung dg baik.

Masuk ke tahap restore data di server baru, lagi2 MySQL jadi sandungan.
Masalahnya tentubukan karena MySQL kurang handal. Tapi karena alasan pembatasan resource pula, ada limit untuk waktu eksekusi via PHP.
Mengatasinya, terpaksa tabel posting (yg makan alokasi terbesar di WP saya) dipotong2 jd 6 bagian untuk kemudian diupload satu2 melalui PHPMyAdmin.
Alhamdulillah, sukses.

Setelah dua malam yg melelahkan, mulailah saya kembali ke aktivitas mengisi posting, menambal 2 hari yg terlewati, dan memposting berita terbaru untuk hari ini.
Namun saya kaget bukan main ketika saya cek, pagerank halaman utama turun drastis jadi 0!
Menurut beberapa senior, hal ini akan pulih dg sendirinya.
Saya agak percaya dg hal ini, karena saya lihat traffick GoogleBot yg masuk ke situs saya hr ini sungguh sangat besar.
Berita bagusnya, berita saya langsung masuk ke Google jauh lebih cpat dari sebelumnya. Saya duga, ini berkat FeedBurner yg sekarang sudha masuk di keluarga Gugel ;)

This entry was posted on Sabtu, Februari 28th, 2009 at 8:12 am and is filed under Telematika. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Pagerank Terjun Bebas Gara2 Downtime”

  1. tanya donk Says:

    hosting server singapura yang paling bagus pake apaan yak? tolong berikan referensinya ke email q ya kk…

Leave a Reply