Ekstensi File

Ekstensi dari suatu file merupakan sebagian dari informasi mengenai sebuah berkas digital. Namun, file extension bukanlah satu2nya dan bukan yg terutama dalam pendataan file. File extension hanya sebagian dari metadata yg memuat informasi mengenai sebuah file.

Dalam lingkungan Windows, peran file extension sangat penting. Karena, ia berhubungan dengan registry yang memuat tentang aplikasi apa yg digunakan untuk menangani sebuah file dengan ekstensi tertentu. Karena posisinya yg vital, registry sering dimanfaatkan virus untuk dimanipulasi agar file berekstensi .exe atau ekstensi lainnya yg strategis dalam sistem operasi dapat dieksploitasi menjadi celah yg bisa dimanfaatkan dalam operasi sebuah virus.

Sedangkan dalam lingkungan Unix, hal yg sama tidak dapat dilakukan. Keluarga Unix memperlakukan file extension sebagai bagian dari nama file itu sendiri; sedangkan informasi tentang apakah sebuah file dapat dieksekusi atau tidak dletakkan dalam “file system permission”. Karenanya kita sering melihat file tanpa ekstensi, atau bahkan file yg hanya memiliki ekstensi panjang tanpa “nama file” seperti file .htaccess yg termasuk dalam keluarga dotfiles.

This entry was posted on Jumat, Januari 16th, 2009 at 7:58 pm and is filed under Telematika. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Ekstensi File”

  1. nanang Says:

    tau gak gimana caranya mengetahui sebuah file yang tanpa ekstensi?

Leave a Reply