DVD Baru Berkapasitas 50 GB

Kalau DVD standar biasanya kita jumpai dengan kapasitas 4.7GB dan 8.5GB, DVD generasi baru bikinan Sony yg diluncurkan dengan merek Blu-ray Disc (popular dg sebutan Blu-ray media, BD-R) punya kapasitas 25 GB dan 50GB. Dalam segi ukuran fisik, cakram optic ini tak berbeda dengan CD-R Media maupun DVD-R Media. Teknologi ini dimungkinkan dengan penggunaan blue laser (atau lebih tepatnya laser berwarna violet) untuk membakarnya. Blue laser memiliki panjang gelombang lebih pendek (405 nm), dibandingkan dengan laser yang biasa digunakan untuk membakar Blank DVD-R yang panjang gelombangnya mencapai 650nm.

Teknologi cakram optik berkapasitas tambun itu konon dipicu oleh era HDTV yang membuat kebutuhan media simpan HDV (hi-definition video) semakin besar. Dengan kejernihan gambar dan suara sebagai hasil resolusi tinggi format videonya, sangat wajar jika kemudian media cakram padat (hard-disk) juga tak cukup fleksibel untuk mengikuti kebutuhan ini.

Walaupun dikembangkan oleh Sony, nama Blu-ray Disc Association diumumkan sebagai lembaga yang bertanggungjawab untuk pengembangan dan pembakuan standar-standar teknisnya. Hal itu agaknya dimaksudkan untuk membuat teknologi ini cepat diadaptasi oleh pasar, dan secepatnya menjadi standar baru media cakram optik. Jika melihat pada Desember 2008 saja Blu-Ray sudah dengan cepat menginvasi pasaran UK, Australia, Jepang, dan USA, bisa dipastikan penetrasinya ke negara lain akan mulai marak di akhir tahun ini.

This entry was posted on Jumat, Maret 20th, 2009 at 3:55 am and is filed under Telematika. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply